Powered by Blogger.
RSS

KAMPUS HIJAU DIMULAI SAAT INI JUGA

Ada beberapa indikasi di dalam pelaksanaan green campus diantaranya adalah kehijauan kampus, pemanfaatan ruang, efisiensi energi, penggunaan air, pengolahan limbah, dan sistem transportasi yang ramah lingkungan. Jika kesemuanya dapat dimaksimalkan maka kampus tersebut patut disebut sebagai kampus hijau.
Dalam praktiknya pihak pemangku kekuasaan di kampus masih kerepotan dengan bagaimana dapat mewujudkan kampus hijau?. Sebagian kampus terbentur dengan masalah lahan kosong yang minim, di kampus lain terhambat oleh masih banyaknya mahasiswa yang memakai kendaraan bermotor dikarenakan jarak tempat tinggal yang relatif jauh dari kampus.
Ternyata tidak mudah mewujudkan kampus hijau yang ideal. Kemudian bagaimana cara sederhana untuk merealisasikan program tersebut?. Ada beberapa opsi diantaranya memaksimalkan taman kampus yang telah ada atau menggunakan celah kosong di kampus untuk ditanami tumbuhan hijau dengan sarana pot bunga. Selain itu meminimalisir penggunaan energi listrik dengan langkah mematikan lampu, kipas angin atau ac saat ruangan tersebut kosong.
Dalam hal pengolahan limbah, setiap kampus setidaknya menyiapkan tempat sampah dan membedakan berdasarkan jenisnya. Bekerjasama dengan pihak ketiga juga dapat dilakukan untuk proses pengolahan limbah tersebut, misalnya bekerjasama dengan pengelola ‘bank sampah’. Sedangkan untuk mengurangi volume kendaraan bermotor, dibeberapa kampus telah diberlakukan peraturan bagi mahasiswa baru untuk menggunakan sepeda angin. Semua langkah diatas harus diawali dengan sosialisasi dan pemahaman yang benar tentang program kampus hijau.

Dengan melakukan hal-hal kecil tersebut kelak akan terlaksana program besar kampus hijau.  Tentunya dengan dukungan regulasi serta kesadaran seluruh warga kampus untuk menaatinya. Alhasil, kampus menjadi hijau, udara sejuk tanpa polusi, bersih tanpa sampah yang menjadikan proses pendidikan menjadi lebih baik.
sumber :
http://irawanism.wordpress.com/2011/10/01/kampus-hijau-dimulai-saat-ini-juga/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment